PERUBAHAN FISIOLOGIK WANITA HAMIL

PADA SISTEM REPRODUKSI

uterus

  • Rahim membesar akibat hipertofi dan hiperplasi otot polos rahim.Endometrium menjadi desidua.Ukuran pada kehamilan cukup bulan 30x25x20 cm dg kapasitas lebih dari 4000 cc
  • Berat uterus naik secara luar biasa,dari 30 gr menjadi 1000 gr pada akhir kehamilan (40 pekan)
  • pada bulan2 pertama bentuk rahim seperti buah alpukat,pada kehamilan 4bulan berbentuk bulat,dan akhir kehamilan seperti bujur telur.Rahim yang tidak hamil kira2 sebesar telur aym,pada kehamilan 2bulan sebesar telur bebek,dan kehamilan 3bulan sebesar telur angsa.
  • Vaskularisasi:arteria uterinaria dan arteria ovarika bertambah dalam diameter,panjang,dan ank2 cabangnya.Pembuluh darah balik(vena)mengembang dan bertambah.
  • Cerviks uteri:Cervik bertambah vaskularisasinya dan menjadi lunak(soft)di sebut “Tanda Goodell”.Kelenjar endoservikal membesar dan mengeluarkan banyak cairan mukus.Karena pertambahan dan pelebaran pembuluh darah warnanya menjadi livid,dan ini disebut “tanda Chadwick”

Indung telur(ovarium)

  • ovulasi terhenti
  • Masih terdapat corpus luteum graviditas sampai terbentuknya uri yang mengambil alih pengeluaran estrogen dan progesteron.

Vagina dan vulva

   Karena pengaruh estrogen,terjadi perubahan pada vagina dan vulva.Akibat hipervaskularisasi,vagina dan vulva terlihat lebih merah atasu kebiruan.Warna livid pada vagina dan portio cervik disebut tanda chadwick.

Dinding perut

  Pembesaran rahim menimbulkan peregangan dan menyebabkan robeknya serabut elastik di bawah kulit,sehingga timbul striae gravidarum.

Sistem Sirkulasi Darah

   Volume darah total dan volume plasma darah naik pesat sejak akhir tri mester pertama.Vol.darah bertambah 25%,dg puncaknya pada kehamilan 32 mgu,di ikuti curah jantung yang meningkat sebanyak 30%.

Sistem Pernafasan

   Kapasitas paru meningkat sedikit selama hamil.Seorang wanita hamil selalu bernafas lebih dalam.Yang lebih menonjol adalah pewrnafasan dada(thoracic breathing).

Saluran Pencernaan

   Salivasi meningkat dan pada trimester pertama,mengeluh mual dan muntah.Tonus otot saluran pencernaan melemah sehingga motilitas dan makanan akan lebih lama berada dalam saluran makanan.

Tulang dan Gigi

   Persendian panggul akan terasa lebih longgar,karena ligamen2 melunak.terjadi sedikit pelebaran pada ruang persendian.Bila konsumsi kalsium cukup,gigi tidak akan kekurangan kalsium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: